Social Icons

Saturday, December 01, 2007

ABSTRAK SKRIPSI



SKRIPSI

EFEK VARIASI KEKAKUAN BALOK DAN KOLOM TERHADAP RESPON STRUKTUR PORTAL BIDANG

Oleh :
Pither Y. Lakapu *) Partogi H. Simatupang **) Theodorus Widodo ***)

ABSTRAK

Dalam menganalisis sebuah struktur statis tak tertentu, penentuan gaya-gaya dalam tergantung pada unsur-unsur kekakuan sebuah struktur yaitu geometri penampang melintang, karakteristik material dan panjang elemen struktur. Pada umumnya efek pembesaran ukuran kekakuan pada suatu elemen struktur statis tak tertentu akan memperbesar momen pada bagian itu dan sebaliknya.

Portal bidang merupakan bentuk struktur statis tak tertentu memiliki perilaku yang berbeda dengan bentuk struktur yang lain yaitu adanya hubungan antara kekakuan balok (kb) dan kekakuan kolom (kk) sebagai akibat kekakuan titik hubung. Apabila kolom relatif semakin kaku terhadap balok maka kolom lebih mendekati sifat jepit (terhadap ujung balok) dan sebaliknya bila balok relatif semakin kaku terhadap kolom maka kolom lebih mendekati sifat sendi.

Karena itu dilakukan suatu penelitian untuk mengetahui efek variasi kekakuan antara balok dan kolom terhadap gaya-gaya dalam yang terjadi pada sebuah struktur portal bila dibebani beban merata maupun beban lateral dalam bentuk grafik maupun persamaan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa grafik hubungan antara kekakuan dan gaya-gaya dalam berbentuk linear dan persamaan hubungannya pun berupa persamaan linear dengan kb/kk sebagai variabel bebas dan gaya-gaya dalam sebagai variabel terikat. Besarnya nilai gaya-gaya dalam pada elemen-elemen struktur portal tergantung pada jumlah bentangan, jumlah tingkat dan posisi elemen pada struktur.

Penyelesaian untuk contoh kasus dengan menggunakan persamaan-persamaan hasil penelitian menunjukkan tingkat kesalahan yang lebih kecil bila dibandingkan dengan metode-metode pendekatan yang telah ada selama ini baik itu metode pendekatan untuk beban merata maupun metode pendekatan untuk beban lateral yaitu Motode Portal dan Metode Kantilever. Karena itu persamaan-persamaan dari hasil penelitian ini dapat dijadikan pedoman dalam menganalisis sebuah struktur portal bidang.


Keterangan : *) = Peneliti, ***) = Dosen Pembimbing I, ***) = Dosen Pembimbing II


Jurusan Teknik Sipil
Fakultas Teknik
Universitas Nusa Cendana - Kupang
2005

Kritik, saran & informasi lebih lanjut hubungi :
pither_yurhans@yahoo.com

No comments:

Post a Comment