Social Icons

Saturday, July 12, 2014

Cerita dan Terjemahan Lagu Lais Manekat

Lais manekat membuat hidupku lebih berarti
Lais Manekat adalah sebuah lagu pop rohani daerah Timor Tengah Selatan (TTS) yang sangat populer sejak dekade 1980-an. Dulu ketika Alm. Piet A Tallo, SH menjabat Bupati TTS (1983-1993), lagu ini adalah lagu wajibnya orang TTS. Lais Manekat sering dinyanyikan sebagai lagu persaudaraan di berbagai perhelatan terutama kegiatan yang dihadiri Bapak Bupati.

Saya masih ingat (kala itu saya duduk di bangku SD), jika ada informasi desa kami akan dikunjungi Bupati yang terkenal suka berkeliling menemui rakyat ini, lagu penyambutan yang pertama disiapkan adalah Lais Manekat. Akan dinyanyikan di tenda kehormatan bila nanti beliau sudah tiba.

Pak Piet selalu menyempatkan diri untuk berdialog dengan masyarakat yang hadir di sana termasuk anak-anak sekolah. Dalam dialog itu biasanya secara spontan beliau mengajukan pertanyaan kepada anak-anak yang dipilih secara acak. Jenis pertanyaannya disesuaikan dengan tingkat pengetahuan anak tersebut.

Misalnya kalau yang terpilih adalah anak SD kelas 3 maka akan disuruh melafalkan 1 atau 2 sila Pancasila, sedangkan kalau anak kelas 6 SD akan disuruh melafalkan Pembukaan UUD 1945. Menyanyikan lagu Lais Manekat adalah perintah yang pasti tidak luput dan diajukan kepada semua level pendidikan anak-anak.

Sebagaimana pertanyaan umum lain, ketika seorang anak yang ditunjuk bisa menyanyikan Lais Manekat maka akan diberi hadiah seperti buku dan alat tulis, tapi kalau tidak bisa maka beliau sendiri yang akan menghukum dengan menjewer telinga atau menyuruh berdiri di depan selama beliau berbicara dengan masyarakat.

Dalam setiap arahannya kepada masyarakat Pak Piet selalu menekankan pentingnya mengaplikasikan isi lagu Lais Manekat dalam kehidupan sehari-hari.

Singkatnya, sejak kepemimpinan beliau lagu karangan seorang sesepuh masyarakat TTS bernama Pieter Fallo ini sudah sangat melekat di hati semua orang dan juga menyebar ke berbagai tempat di luar TTS. Lagu ini pernah "diindonesiakan" dan mendapat tempat di hati banyak kalangan oleh penyanyi pop rohani nasional Talita Doodoh.


Lais manekat oleh Talita Doodoh

Alasan mengapa Lais Manekat begitu disukai banyak orang (hingga dijadikan "lagu wajib TTS" oleh Piet Tallo) tidak terlepas dari pesan mendalam yang terkandung dalam dua bait lagu ini yakni tentang KASIH, hukum yang terutama dalam kekristenan (Matius 22:34-40).

Lagu ini merupakan gambaran kehidupan sosial yang rukun, damai, harmonis dan penuh rasa persaudaraan di dalam Tuhan. Program kerja yang diusung selama dua periode kepemimpinan Piet Tallo: Tertib Tenteram Sejahtera (TTS), seiring dengan pesan lagu ini.

Menyanyikan Lais Manekat membuat hati terasa damai. Kata-katanya pun ringan untuk dicerna serta menampilkan irama khas lagu-lagu Timor.

Bagi anda yang tidak mengerti bahasa Timor-Dawan tentu bertanya, "apa arti syair lagu Lais Manekat?" Karena itulah saya terjemahkan agar anda bisa memahami makna lagu ini secara utuh.

Lais Manekat (Kasih/Hal Kasih)

I.

Lais manekat lo mas le'uf (Kasih itu sangat indah).
Le' natonon bi hit monik (Yang nyata dalam hidup kita).
Nekun halan ma nekmese (Membawa kedamaian dan kesehatian).
Bi hit monik manas fai (Dalam hidup kita siang dan malam).

Alekot kun neu sekau (Berbahagialah bagi barang siapa).
Le' naton lais manekat (Yang menyatakan kasih).
Nbi in monin piut (Dalam hidupnya terus menerus).
Fun sin mes napen tetus (Karena mereka akan memperoleh berkat).
Le' Yesus an fe neusin (Yang dianugerahkan Yesus kepada mereka).
Bi In Sonaf Honis (Di Istana Kekal-Nya).

Nati al al kit manek es nok es (Hendaklah kita saling mengasihi).

II.
Yesus Kristus anba'an kit (Yesus Kristus berpesan kepada kita).
He alkit manek es nok es (Agar kita saling mengasihi).
Nane lasi knino in un (Itu adalah hal pokok dalam kekristenan).
Nes na'ko ale lasi (Melebihi segala hal).

Alekot kun neu sekau (Berbahagialah bagi barang siapa).
Le' naton lais manekat (Yang menyatakan kasih).
Nbi in monin piut (Dalam hidupnya terus menerus).
Fun sin mes napen tetus (Karena mereka akan memperoleh berkat).
Le' Yesus an fe neusin (Yang dianugerahkan Yesus kepada mereka).
Bi In Sonaf Honis (Di Istana Kekal-Nya).

Nati al al kit manek es nok es (Hendaklah kita saling mengasihi).
***

Begitulah terjemahan bebas syair lagu Lais Manekat. Semoga dengan mengetahui arti lagu ini, kita bisa menyanyikannya dengan penuh pengertian dan penghayatan.

3 comments: