Social Icons

Friday, October 26, 2012

Suster itu kaget melihatku, "Haah, masih ada?"

Hari selasa (23/10/2012), aku check-up ke RSUD WZ. Yohannes-Kupang atas permintaan Pemda TTS untuk mengevaluasi pegawainya yang sakit. Khusus aku, praktis sudah 2,5 tahun ini tidak menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai CPNS, hanya hak yang selalu kuterima. Evaluasi ini untuk mengetahui kondisi terakhir secara medis apakah aku masih mungkin bisa melaksanakan tugas-tugas atau tidak. Hasil check-up ini akan dibawa ke Badan Kepegawaian Negara untuk diambil keputusan terhadap status kepegawaianku selanjutnya.

Cerita yang menarik dari kehadiran aku di RS hari itu bukan masalah check-up dan hasilnya tapi kejadian diluar ruangan.

Dua setengah tahun lalu aku melewatkan waktu selama empat bulan dirawat disini untuk sakit yang saat itu didiagnosa sebagai Gullian Barre Syndrome (GBS), dua bulan di ICU dan dua bulan lagi di ruang perawatan. Karena itu, banyak dokter, perawat, suster, pegawai maupun petugas cleaning service yang sudah saling mengenal selain teman-teman yang sudah aku kenal selama ini.

Saat aku didorong dengan kursi roda oleh kakakku lewat lorong menuju laboratorium, kami bertemu dengan seorang suster yang dulu merawatku di blok Bougenvil Kelas I. Si suster kaget melihat aku. Dengan spontan dan nada heran ia berkata, "Haaah...!!! Masih ada...???" Duh sus, jadi suster menganggap aku pasti sudah mati?---tanyaku dalam hati. Suster itu seolah tidak yakin kalau aku masih hidup. Mungkin dulu ketika merawatku ia berpikir bahwa aku tidak akan bertahan hidup lebih lama sesudah pulang ke rumah. Dia tidak menyangka kalau 2,5 tahun kemudian tiba-tiba bisa bertemu kembali denganku dalam kondisi yang lebih baik.

Aku cuma tersenyum melihat tingkahnya itu. Setelah berbasa-basi 3-4 kalimat, aku terus pergi melanjutkan rangkaian check-up-nya.

Setelah selesai melakukan check-up di poliklinik saraf, mata, THT dan jiwa, sekitar jam satu siang akupun didorong dengan kursi roda ke teras untuk menunggu jemputan.

Saat itu dokter rehab medik (fisioterapy) yang menanganiku dulu terlihat berjalan menuju dan masuk dalam mobilnya yang diparkir tidak jauh dari tempat kami berada. Mungkin sempat ia melirik kearahku dan masih mengenal aku. Ia pun turun dari mobilnya dan melangkah ke arahku. Aku tersenyum memandangnya karena aku juga masih mengenalnya, walaupun fisiknya kelihatan sudah lebih gemuk.

"Ini Pither khan?" tanyanya sambil menyodorkan tangan untuk salaman.
"Iya dok, aku Pither," jawabku.
"Wah puji Tuhan ya, kondisinya sudah jauh lebih baik," katanya lagi.
Kemudian kami sedikit ngobrol tentang perkembangan kesehatan dan fisioterapy yang aku jalani selama ini. Maklum sejak aku meninggalkan RS ini, kami tidak ketemu lagi terlebih aku harus ke Surabaya selama satu tahun untuk terapy disana. Ia melihat perkembangan yang jauh berbeda dibanding dulu karena memang saat itu aku belum bisa duduk di kursi roda, kedua tanganku masih sangat lemah untuk digerakkan atau menggenggam. Akupun belum bisa duduk di kursi roda, kalau dipaksa duduk pasti hanya bertahan 2-3 menit. Sekarang sudah bisa beraktifitas dengan tangan yang sudah normal sambil duduk di kursi roda sampai berjam-jam. Dari raut mukanya nampak dia senang melihat kondisiku sekarang. (Ilmuku dalam membaca raut muka sepertinya berkembang pesat secara alamiah sejak aku sakit, hehehe).
Di ujung obrolan yang singkat itu ia berucap "Semoga lain kali ketemu kamu sudah bisa jalan ya." Amin dokter!
***

Kejadian hari itu mengingatkan kembali bahwa Tuhan selalu bersama aku dan punya rencana dan waktu yang tepat dalam hidupku. Walaupun manusia merasa ragu tapi bagi Tuhan tidak ada yang tak mungkin.

Sang suster begitu kaget mungkin karena yang ada di pikirannya adalah mana mungkin aku bisa bertahan sampai sekarang, mengingat dulu aku harus selalu dibantu O2, dibantu dengan tetesan cairan infus, nafsu makan yang kecil maupun parameter-parameter klinis (mis. tekanan darah, suhu tubuh dan nilai hemoglobin) yang tidak menentu. Raut wajah si suster menunjukkan keheranan padahal seharusnya ia lebih tenang mengingat setiap hari ia pasti berhadapan dengan orang sakit, ada yang tidak tertolong tapi banyak juga yang sembuh. Selalu merawat orang sakit tidak menjamin seorang tenaga medis/paramedis yakin akan hidup mati seseorang. Tuhanlah yang menentukan segalanya. Benar, saat manusia angkat tangan, disitu Tuhan turun tangan.

Sedangkan si dokter fisioterapy nampak lebih gembira bisa melihatku lagi. Aku ingat salah satu targetnya waktu itu bagi pemulihanku adalah minimal aku sudah bisa duduk dan beraktifitas dengan kursi roda saat keluar dari RS. Namun sampai dengan 4 bulan di RS, usaha fisioterapy belum menunjukkan tanda-tanda ke arah itu. Menggerakkan tangan dan jari-jari belum normal, duduk barang 5 menitpun belum bisa, menggerakkan kaki apa lagi. Ekspresi bahagianya pasti dipengaruhi impian minimalnya merawatku dulu menjadi kenyataan setelah melihat aku 2,5 tahun kemudian. Semua proses ini tentu tidak lepas dari campur tangan Tuhan. Manusia punya target, Tuhan punya waktu!!!
___________

"Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu" (Yesaya 55:8-9).

29 April 2010 - 29 Oktober 2012 --- 2,5 tahun bergelut dengan myelitis transverse.

4 comments:

  1. Puji Syukur yang sangat besar untuk TUHAN YESUS KRISTUS. Kompasiana mengantarku kesini untuk bisa mendekatkan pada Pither.

    Mujizat Yesus masih terus terjadi, imanmu kepada Tuhan Yesus yang sekecil apapun bisa menyelamatkan dan membawamu kepada kesemembuhan.

    Untuk menguatkan Iman dan meneguhkan bahwa Mujizat masih terus terjadi ada baiknya anda melihat file video TB JOSHUA. Melalui hamba Tuhan yang bernama TB JOSHUA anda bisa melihat di youtube pekerjaan Tuhan terjadi di benua africa.

    Anda mempunyai talenta menulis. Tulisan anda sangat menguatkan dan menginspirasi para pembaca di kompasiana. Kenapa anda tidak menulis untuk "Santapan rohani" atau "Saat Teduh" dimana mereka sangat membutuhkan artikel2x seperti yang anda Tulis.

    Tuhan Yesus memberkati.



    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Pak Jack. Salam kenal ya Pak. Saya akan terus menulis untuk bisa saling menguatkan. Sejatinya, dengan menulis & bisa sharing itu sayalah yg paling dikuatkan.

      Saya akan mencoba mengirim ke media lain yg mungkin untuk bisa saling berbagi. Terima kasih pak sarannya. Gbu

      Delete
  2. kk e, biar blom kenal ju, ma b yakin BapaTua di Atas talalu sayang deng kk,,, Bapa snd pernah rancang hidup biasa-biasa saja untuk Dia pu anak kesayangan yang luar biasa...

    Senang bisa baca kk pu tulisan.

    GBU
    -yuni

    ReplyDelete
  3. Makasih... Ini Yuni teman FB ko? GBU too...

    ReplyDelete