Social Icons

Saturday, December 21, 2013

Wow, Ada Jalan Lakapu di Hawaii, Adakah Hubungannya dengan Nenek Moyangku?

Lakapu Street, Honolulu, Hawaii, USA. (Sumber: screenshot google maps).
Kamis (19/12) malam, iseng saya memasukkan nama saya Pither Yurhans Lakapu di google untuk mengukur popularitas saya di dunia maya. Hasilnya baru sekitar 1.000 item temuan. Ah, masih sedikit sekali, masih kurang tenar. Hehehehe.. Boleh dong sedikit narsis di blog sendiri.

Masih iseng saya menghilangkan nama depan dan tengah saya menyisakan nama marga Lakapu. Saya ingin tahu seberapa tenar marga Lakapu di internet. Hehehe. Hasilnya sekitar 9.500 item temuan.

Saya bertanya dalam hati dari mana asal item-item ini? Sudah pasti 1.000 itemnya adalah "sumbangan" dari saya. Hehehe... Yang lainnya? Mata saya lalu tertuju pada cuplikan sebuah artikel yang berisi "Lakapu St." Haah...!!! Lakapu St. berarti Lakapu Street, dimana itu? Penasaran, secepat kilat saya buka artikel itu dan terbaca artikel itu merujuk pada nama sebuah jalan di Honolulu, Hawaii, USA.

Tidak puas, google maps pun segera kuminta "bantuan" untuk menelusuri Lakapu Street. Dan benar saja google maps membawaku ke sebuah jalan di Honolulu, Hawaii. Saya mengamati denah lalu mengklik streetview-nya yang cukup jelas menggambarkan situasi Lakapu Street.

Google sreetview Lakapu St. (Sumber: screenshot google maps).
Penasaranku makin menjadi seiring timbul pertanyaan-pertanyaan:
- Mengapa jalan itu diberi nama Lakapu persis seperti nama keluargaku?
- Dari mana asal nama Lakapu di Hawaii itu?
- Nama Lakapu di Hawaii mengacu pada nama benda atau nama orang?
- Kalau nama orang, seberapa pentingnya orang itu sehingga namanya diabadikan lewat nama jalan?
- Apakah ini hanya kebetulan atau ada hubungannya dengan nenek moyang marga Lakapu di Timor? Dan pertanyaan-pertanyaan lain.

Ketika saya memuat status Facebook tentang Jalan Lakapu di Hawaii, seorang saudara saya menyeletuk, "Wah, jangan-jangan asal usul marga Lakapu sebenarnya dari Hawaii berlayar melewati Kepulauan Somoa, Papua Nugini, Australia Utara lalu mendarat di selatan Pulau Timor." Analisa sederhana yang masuk akal mengingat marga Lakapu asal muasalnya dari daerah di selatan Pulau Timor.

Saya sendiri berpikir jangan-jangan justru sebaliknya, nama Lakapu di Hawaii-lah asalnya dari Timor. Nenek moyangku berlayar dari Timor ke Australia Utara, menuju Papua Nugini, Kepulauan Somoa dan akhirnya "terdampar" di Hawaii. Hehehe...

Bagaimanapun juga, temuan ini membuatku sangat penasaran dan menjadikannya sebuah resolusi saya untuk tahun 2014 nanti. Saya ingin melakukan sebuah riset kecil untuk menjawab pertanyaan, "Adakah hubungan nama Lakapu di Timor dan Lakapu di Hawaii?" Semoga terjawab rasa penasaranku. Akan menjadi lengkap bila saya berhasil menginjakkan kaki di Lakapu Street, Honolulu, Hawaii, USA di tahun 2014. Hehehe...
*

Jawabannya bisa dibaca di sini : Kenapa Ada Jalan Lakapu di Hawaii?

No comments:

Post a Comment