Social Icons

Wednesday, October 24, 2018

Aplikasi Keyboard Alfanumerik Terbaik, Setting dan Cara Pakainya (2)

TouchPal alphanumeric keyboard | Dokpri
Seperti yang sudah saya kemukakan sebelumnya bahwa terdapat  beberapa keunggulan keyboard tipe Alfanumerik (a.k.a keyboard T9 atau keyboard 3×4) dibanding tipe qwerty yakni: membantu meminimalisir typo (salah ketik) akibat tombol terlalu kecil, membantu kita mengetik lebih mudah tanpa terlalu berkonsentrasi pada tuts, hingga mendorong kita untuk tidak menyingkat kata tapi hasilnya lebih cepat.

Di artikel itu juga telah saya ulas salah satu aplikasi pihak ketiga terbaik yakni GO Keyboard. Selanjutnya, di sini akan saya uraikan aplikasi Android lain yang tak kalah kerennya, bahkan mungkin lebih bagus yakni TouchPal. Kemudian sedikit membandingkan kelebihan dan kekurangan keduanya.

Baiklah... Install dulu aplikasinya di sini atau versi ringannya di sini lalu aktifkan. Perlu dicamkan bahwa alfanumerik dan qwerty selalu satu paket, bukan beda aplikasi.

★ Setting

Walaupun settingan bawaan sudah ada namun perlu dipastikan kembali agar aktivitas mengetik lebih lancar.

Klik simbol TouchPal pada bagian tengah atas keyboard lalu pilih Pengaturan.

1. Pada menu "Pengaturan umum", silakan lakukan penyesuaian sesuai selera.

2. Untuk "Masukan pintar", centang pilihan-pilihan seperti capture di bawah. Yang paling penting di sini adalah "Prediksi" harus dicentang agar nantinya anda bisa tahu apakah kata yang diketik sudah benar atau belum.

Pengaturan "Masukan pintar" | Dokpri
Selanjutnya, impor nama-nama kontak agar memudahkan anda mengetik nama orang yang ada di daftar kontak HP.

3. Centang pilihan "Pencadangan awan & sinkronisasi" dan "Tren kata" pada menu "TouchPal Cloud".

4. Download bahasa/kamus yang diperlukan pada menu "Bahasa" (default hanya Bahasa Inggris), lalu centang "Masukan bahasa campuran" agar keyboard juga mengenal kata dalam bahasa lain yang sering dipakai selain bahasa utama anda.

🖊 Catat: "Prediksi" dan "Download bahasa" adalah KUNCI agar Keyboard Alfanumerik-nya bisa berfungsi dengan baik.

★ Cara Pakai

Pertama-tama, aktifkan tipe keyboard alfanumerik dengan cara klik pada simbol TouchPal > Bahasa > PHONEPAD. Kemudian pastikan bahwa Kamus (tombol bersimbol A di bagian kanan) dalam posisi ON.

Saat mengetik, cukup tekan satu kali pada tombol yang mengandung huruf yang diinginkan. Misalnya anda hendak mengetik kata "tanggal" maka cukup tekan satu kali pada tombol yang mengandung huruf t, a, n, g, g, a dan l. Secara otomatis akan tampil di bagian atas prediksi kata-kata yang berubah mengikuti setiap karakter yang anda ketikkan.

Jika ingin mengetik kata yang tidak baku maka ada beberapa cara yang bisa ditempuh, yaitu:

Pertama, beralih ke tipe qwerty dengan meng-klik simbol TouchPal > Bahasa > PENUH. Kedua, klik dan tahan tombol yang mengandung huruf yang diinginkan kemudian pilih hurufnya.

Mengetik kata tak baku dengan mengeja huruf demi huruf | Dokpri
Ketiga, ketikkan saja kata-nya tetapi jangan berikan spasi dulu lalu eja huruf demi huruf di kolom paling kiri. Keempat, OFF-kan kamus lalu ketik secara manual (seperti memakai HP jadul).

Setiap kata tak baku yang pernah diketik akan tercatat dalam Kamus Pribadi (bisa dilihat dan diedit di "Masukan pintar") sehingga kali berikut tidak perlu diulangi lagi. Anda juga dapat membuat shortcut di clipboard yang terletak bersama tombol edit lain (cut-copy-paste dll) di tombol ujung kiri atas.

Cara memasukkan tanda baca dari kolom kiri: setelah mengetikkan sebuah kata, beri spasi terlebih dahulu baru pilih tanda baca yang muncul. Tanda baca tertentu akan otomatis melekat ke kata sebelumnya.

Awal menggunakan keyboard ini akan terasa ribet namun seiring waktu pasti semakin mudah dan menyenangkan.

★ Perbandingan GO Keyboard dan TouchPal

Sampai dengan artikel ini ditulis, kelebihan dan kekurangan kedua aplikasi keyboard ini menurut saya adalah:

🔹 GO Keyboard

• Kelebihan: ukuran aplikasinya kecil, kamus Bahasa Indonesia-nya sudah cukup lengkap (mis: sudah banyak kata ulang dan kata-kata berimbuhan).

• Kekurangan: kurang bagus dalam "mengingat" kata-kata yang pernah kita masukkan secara manual maupun diimpor dari kontak, tidak ada penyimpanan cloud sehingga kata-kata yang pernah kita ketik manual akan hilang saat berganti HP atau data pada pengaturan aplikasi terhapus.

TouchPal keyboard tipe T+ | Dokpri
🔹 TouchPal

• Kelebihan: terdapat menu "TouchPal Cloud" untuk mencadangkan kata-kata yang pernah kita ketik secara manual ke akun kita (bisa memilih Facebook, Google, Email atau Twitter) sehingga ketika berganti gadget atau data aplikasi-nya terhapus maka cukup Log in lalu sinkronisasikan untuk memanggilnya kembali, serta lebih bagus dalam mempelajari tren kata kita.

Selain itu, masukan multi bahasanya sangat baik, bisa backspace 1 kata, simbol-simbolnya lebih lengkap dan tersedia tipe keyboard T+ (susunan huruf qwerty namun terdapat 2 huruf setiap tombol, dioperasikan dengan gaya alfanumerik).

• Kekurangan: kamus bawaannya belum banyak memuat kata ulang dan kata-kata berimbuhan sehingga awal menggunakannya kita harus memasukkan banyak kata secara manual. 

Sekian... Silakan coba, pilih mana yang terbaik dan nikmati kemudahan mengetik dengan keyboard alfanumerik.

Semoga bermanfaat. GBU

1 comment:

  1. Sayang, sejak Juni 2019 semua produk TouchPal diblokir (sementara?) oleh PlayStore karena katanya melanggar peraturan tentang iklan. Entah kapan bisa aktif kembali.

    Keyboard yg sudah anda instal di HP masih bisa dipakai tapi menu cloud & sinkronisasinya tidak berfungsi.

    Semoga segera diizinkan kembali. Bila sudah tersedia akan saya informasikan di kolom komentar ini.

    Cat: semoga benar ini hanya karena alasan melanggar peraturan tentang iklan bukan karna "perang dagang", mengingat TouchPal adalah perusahaan Tiongkok...

    ReplyDelete