Social Icons

Thursday, October 18, 2018

Aplikasi Keyboard Alfanumerik Terbaik, Setting dan Cara Pakainya (1)

GO Keyboard alfanumerik | Dokpri
Apakah anda sama dengan saya yang merasa tombol keyboard Qwerty pada HP Android touch screen terlalu kecil sehingga sering terjadi typo (salah ketik)? Atau ada ketidaknyamanan tertentu saat mengoperasikan HP bertombol Qwerty?

Mungkin anda bisa mengatasinya dengan keyboard Alfanumerik (tipe keyboard yang tampilannya seperti keyboard fisik jadul dengan 3-4 huruf setiap tombol). Disebut juga keyboard 3×4 atau T9.

Alphanumeric keyboard sangat efektif untuk menghindari typo akibat tombol terlalu kecil. Selain itu kita terbantu untuk mengetik lebih mudah tanpa terlalu berkonsentrasi pada tuts, bahkan bisa mendorong kita untuk tidak menyingkat kata tapi hasilnya lebih cepat dibanding menggunakan Qwerty.

Tipe keyboard ini biasanya sudah tersedia di kebanyakan gadget namun jarang dipakai. Mungkin karena belum tahu atau karena keyboard bawaan umumnya kurang menarik dan praktis.

Oleh karena itu, kita harus menyiasatinya dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang banyak tersebar di Playstore. Perlu dicamkan bahwa keyboard alfanumerik bukan aplikasi tersendiri tetapi selalu satu paket dengan qwerty, cukup disetting dari tipe qwerty ke alfanumerik dan sebaliknya.

Tombol-tombol edit pada GO Keyboard | Dokpri 
Dari pengalaman setelah mencoba berbagai aplikasi, saya menilai GO Keyboard dan TouchPal adalah dua yang terbaik.

Kedua aplikasi ini bukan saja menarik tampilannya tapi juga gampang dioperasikan, menunya cukup lengkap, bisa dikustomisasi sesuai keinginan serta mudah untuk berganti tata letak menjadi Qwerty. Tersedia juga ratusan tema untuk memperindah tampilan keyboard.

Pada bagian pertama ini saya akan mengulas terlebih dahulu aplikasi GO Keyboard.

Install di sini bila anda ingin mencobaatau di sini untuk versi ringkasnya. 

★ Setting

Setelah install, keyboard perlu disetting agar aktifitas mengetik bisa berjalan lancar.

1. Download bahasa yang diperlukan pada menu "Pilih Bahasa" (default hanya Bahasa Inggris). Tunggu sampai proses pengunduhan selesai. Jika sudah, klik di sebelah kanan lalu ganti Qwerty menjadi T9.

2. Pada menu "Input", ON dan OFF-kan pilihan-pilihan seperti capture berikut:

Settingan input keyboard | Dokpri 
Yang terpenting adalah pilihan "Tampilkan Saran" harus pada posisi ON agar ketika mengetik anda bisa tahu apakah kata yang ditulis sudah benar atau masih salah.

3. Pada menu "Kamus", anda bisa ON-kan pilihan "Saran Terpribadi" dan "Impor Kontak".

🖊 Catat: "Download bahasa" dan "Tampilkan saran" adalah KUNCI agar Keyboard Alfanumerik-nya bisa berfungsi dengan baik.

★ Cara Pakai

Pertama-tama yang harus dipastikan adalah kamus (tombol bersimbol A di bagian kanan) harus dalam posisi ON.

Saat mengetik, cukup tekan satu kali pada tombol yang mengandung huruf yang diinginkan. Misalnya anda hendak mengetik kata "panggil" maka cukup tekan satu kali pada tombol yang mengandung huruf p, a, n, g, g, i dan l. Secara otomatis akan tampil di bagian atas prediksi kata-kata yang berubah mengikuti setiap karakter ketikan anda.

Jika ingin mengetik kata yang tidak baku maka ada beberapa cara yang bisa ditempuh, yakni:

Pertama, beralih ke tipe Qwerty dengan cara tekan dan tahan tombol nama bahasa di baris atas keyboard lalu pilih "Ganti tata letak". Kedua, klik dan tahan tombol yang mengandung huruf yang diinginkan kemudian pilih hurufnya. 

Ketiga, ketikkan saja kata-nya tetapi jangan beri spasi dulu lalu eja huruf demi huruf di kolom paling kiri. Keempat, OFF-kan kamus lalu ketik secara manual (seperti memakai HP jadul).

Aneka emoji disediakan gratis | Dokpri
Anda bisa memasukkan kata-kata tidak baku yang sering dipakai maupun membuat shortcut di "Kamus Pribadi" pada settingan Kamus.

Cara memasukkan tanda baca: setelah mengetik sebuah kata, berikan spasi terlebih dahulu baru pilih tanda baca yang muncul di sebelah kiri. Tanda baca akan otomatis melekat ke kata sebelumnya tanpa spasi.

Menariknya lagi, GO Keyboard menyediakan tombol-tombol Edit (mis: copy, paste, select, dll) dan beraneka ragam emoji serta simbol.

Bagi yang baru menggunakan keyboard Alfanumerik, mungkin akan sedikit lambat di awal tapi seiring waktu anda akan terbiasa dan menikmati betapa mudah, cepat, serta asyiknya mengetik dengan GO Keyoard Alfanumerik. Minim typo serta jarang menyingkat kata itu sudah pasti.

Semoga bermanfaat. GBU.

Aplikasi keren berikutnya  >>> TouchPal

No comments:

Post a Comment