Social Icons

Wednesday, September 09, 2020

Fitur Smartphone Android untuk Disabilitas Tunanetra

 

“Bagaimana caranya seorang  tunanetra (buta) menggunakan HP layar sentuh?” Mungkin pernah terbesit pertanyaan seperti itu. 

Smartphone (telepon pintar) selalu dilengkapi fitur-fitur cerdas untuk menjawab segala kebutuhan penggunanya, termasuk penyandang tunanetra. Namun, tidak semua orang telah memanfaatkannya demi memperlancar komunikasi.

Salah satunya adalah "TalkBack". Fitur ini sudah ditanamkan pada setiap perangkat android dengan tujuan agar para tunanetra pun ikut memanfaatkan smartphone layaknya orang normal. Bisa diaktifkan di menu Setelan > Setelan Tambahan > Aksesibilitas. (Letaknya bisa berbeda tergantung merk HP, tetapi sudah pasti ada di menu setelan Aksesibilitas). 

Dengan mengaktifkan fitur cerdas TalkBack maka segala jenis tombol ataupun teks yang ada di layar akan dikonversikan menjadi suara sehingga orang dengan gangguan penglihatan dapat "melihat dengan jelas" apa yg sedang tampil di layar HP. Lalu, dengan mudah ia bisa melakukan berbagai aktivitas seperti menulis, SMS-an, internetan, dan sebagainya.

Saat menggunakan HP layar sentuh, seorang tunanetra tidak perlu khawatir salah pencet karna TalkBack baru akan menjalankan sebuah perintah apabila kita mengetuk sebuah tombol DUA KALI. Sedangkan jika hanya SEKALI maka TalkBack cuma menyampaikan apa jenis tombol itu dan tindakan apa yang bisa kita lakukan. 

Mungkin kebanyakan tunanetra yg sudah memanfaatkan fitur ini, namun, sebenarnya bukan hanya mereka yang perlu tahu. Kita non-tunanetra pun penting untuk mengenal manfaat TalkBack agar komunikasi dengan penyandang disabilitas tunanetra bisa berjalan lebih lancar. 

Misalnya, TIDAK MENGETIK PESAN DENGAN MENYINGKAT KATA, TERUTAMA KATA-KATA AMBIGU. Karena, mesin TalkBack selalu berpedoman pada standar pemenggalan kata Bahasa Indonesia baku. Sehingga apabila ada teks yang tidak baku maka hasil bacaan TalkBack pun akan kacau. 

Contohnya SMS ini: 

HARI TERAKHIR! Ayo isi pulsa 50rb di MYTELKOMSEL dan dptkan 75rb.

Akan dibaca: 

Hari terakhir. Ayo isi pulsa lima puluh ribi di m y t e l k o m s e l dan depetkan tujuh puluh lima ribi.

Agak kacau khan? Bayangkan kalau kata "sekali" yg sering disingkat "sx". 😁

Memang TalkBack sudah dapat mengenal singkatan kata namun hanya untuk singkatan-singkatan umum, misalnya "yg" sudah dibaca "yang", "&" dibaca "dan". Kata-kata tidak baku pun akan dibacakan dengan jelas asalkan ditulis lengkap. 

Oleh karena itu, dengan tidak menyingkat kata maka kita sudah membantu penyandang tunanetra memahami pesan kita dengan baik. Sebab, di era medsos ini, terkadang kita merasa tidak sedang berinteraksi dengan seorang tunanetra, padahal mungkin di sana terdapat banyak penyandang tunanetra yg ingin tahu juga. Misalnya di grup WA, grup/teman Facebook, dan lainnya. 

Timbul lagi pertanyaan, “khan lama kalau harus mengetik pesan tanpa menyingkat kata?”

Lagi-lagi si telepon pintar sudah menyiapkan solusinya, yakni menyediakan menu "prediksi" pada pengaturan keyboard HP kita. 

Dengan mencentang opsi "prediksi" maka kita tidak perlu mengetik keseluruhan kata. Cukup mengetikkan beberapa huruf awal maka kata-kata prediksinya akan muncul di bagian atas keyboard, tinggal dipilih. Bahkan, keyboard pun bisa memprediksi kata-kata berikut sesuai dengan kebiasaan penggunaan kata kita sebelumnya.*

———

• Fungsi lain bagi non-tunanetra: Manfaatkan robot TalkBack untuk membacakan sebuah artikel panjang sehingga anda bisa melakukan aktivitas lain sambil mendengarkan suara TalkBack. 


No comments:

Post a Comment